Posted on: 10 September 2019 Posted by: panekan Comments: 0

 

Panekankec.Web. Mendasar pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2017 tentang Peningkatan Kapasitas Satuan Perlindungan Masyarakat dimana salah satu tujuan dilaksanakannya peningkatan kapasitas Linmas adalah meningkatkan pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap dan perilaku anggota Satlinmas, maka Pemerintah Desa Tanjungsari mengadakan Kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Linmas (6/9/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota linmas Desa Tanjungsari yang berjumlah 30 orang, Babinsa Desa Tangjungsari dan Bhabinkamtibmas Desa Tanjungsari sebagai pelatih. Dimana kegiatan pelatihan ini terbagi dalam 2 (dua) sesi yaitu Penyampaian Materi dan Latihan Baris Berbaris.

Dalam sambutannya,  Camat Panekan Djuri,  S. Sos. mengingatkan pentingnya peran anggota Linmas dalam rangka kamtibmas di lungkungan. Oleh sebab itu dihimbau agar peran anggota Linmas benar-benar dioptimalkan dalam rangka pengamanan lingkungan melalui penjagaan di Pos Kamling agar masyarakat menjadi tentram dan damai. Tugas Linmas sangatlah mulia sebagai bela negara dan abdi masyarakat yang bekerja sungguh-sungguh tanpa pamrih, manakala dibutuhkan masyarakat yang mempunyai hajat, mereka melaksanakan tugasnya dengan ikhlas tanpa minta imbalan apapun. dorongan juga diberikan Camat Panekan kepada pemerintah desa agar peran anggota Linmas dioptimalkan di masing-masing desa dan bekerja sama dengan Babinsa serta Bhabinkamtibmas di desa masing-masing.

Selain itu, Camat Panekan juga menegaskan betapa pentingnya menjaga kebersamaan atau soliditas antar lembaga yang ada. Hal ini sudah dicontohkan dengan kebersamaan atau kesolidan unsur Forkompimca (Camat, Kapolsek dan Danramil). Kesolidan di tingkat kecamatan ini hendaknya menjadi tauladan bagi masyarakat desa, khususnya Pemerintahan Desa Tanjungsari. Begitu pentingnya kesolidan ini, sampai-sampai fungsi dan peran Babinsa dan Bhabinkamtibmas dipertajam di tingkat desa. Hal ini perlu mendapatkan respon dari Pemerintah Desa.

Di materi lain, AKP Soekarno Kaplsek Panekan selaku Pembina keamanan, ketertiban masyarakat menghimbau agar kerjasa sama dan koordinasi harus tetap dilakukan dan dijaga.

Kapolsek memberikan warning agar saat menyelesaikan masalah yang timbul di tengah masyarakat (terkait dengan keamanan, ketertiban masyarakat agar tidak mengambil kebijakan tersendiri yang itu nantinya justru  malah mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Menutup materi pelatihan dan pembinaan Linmas ini , Danramil Panekan Kapten Kuncoro menjelaskan tugas dan fungsi TNi di tengah-tengah masyarakat, stabilitas  nasional dan keutuhan NKRI merupakan amanah yang harus diemban oleh TNI, dan stabilitas nasional dapat diperoleh apabila stabilitas di masing-masing desa sudah terjaga.

Setelah penyampaian materi, kegaitan dilanjutkan dengan Latihan Baris Berbaris di halam Ruang Pertemuan Kantor Desa Tanjungsari.MAD_04

Leave a Comment