Posted on: 18 Januari 2020 Posted by: panekan Comments: 0

 PanekanKec.Web. Penanaman simbolis Pohon Durian di Halaman Kantor Kepala Desa Turi merupakan rangkaian kegiatan Apel Bersama ASN dan Perangkat Desa (17/01/20). Apel selain diikuti oleh ASN dan perangkat desa, juga diikuti oleh Mahasiswa KKN dari UNS Surakarta, Stain Sunan Kalijaga Surabaya serta perwakilan pelajar SD dan SMP / sederajat. Dalam sambuatannya, Camat Panekan Djuri, S.Sos menyampaikan bahwa kita sebagai warga masyarakat Kecamatan Panekan hendaknya memiliki rasa syukur atas limpahan sumber daya alam dari Alloh SWT Tuhan Yang Maha Esa. Rasa syukur tersebut dapat diaplikasikan dengan cara merawat sumber daya alam dan ekosistem di sekitar kita. Penanaman pohon yang dilakukan secara simbolis hari ini agar diikuti dengan penanaman pohon di lingkungan sekitar kita.. 

Tidak bisa kita bayangkan, lanjut Camat Panekan, bagaimana anak cucu kita nantinya apabila sumber air yang kita miliki sekaranag tidak kita rawat. Mereka untuk minum air saja harus membeli air mineral dalam kemasan. Bagaimana sungai – sungai yang dulunya penuh dengan aliran air yang deras, harus kering dan hanya berisi sampah rumah tangga yang selain menimbulkan bau yang tidak enak juga memberikan pandangan yang tidak nyaman.

Di akhir sambutannya, Camat Panekan juga berharap bahwa para mahasiswa yang saat ini sedang melaksanakan KKN di Wilayah Kecamatan Panekan ikut menjaga dan memelihara sumber air dengan ikut menanam 1 (satu) pohon setiap minggunya. Begitu juga pemerintah desa agar merumuskan regulasi berupa peraturan desa (perdes) yang di dalamnya mengatur keharusan bagi masyarakat yang apabila menebang pohon juga dibarengi dengan penanaman pohon yang lainnya..Mad_04

Leave a Comment