Posted on: 10 Maret 2020 Posted by: panekan Comments: 0

PanekanKec.Web. Informasi tentang merebaknya virus Corona dari Wuhan Tiongkok,  Dinas Kesehatan memberikan himbauan kepada seluruh Lembaga kesehatan di Kabupaten Magetan untuk waspada terhadap potensi penyebaran virus ini.  Seluruh Lembaga Kesehatan ini diharapkan juga tetap tenang dan melapor ke Dinas Kesehatan apabila ditemukan pasien dengan ciri-ciri gejala dari penyakit akibat virus ini. Puskesmas Panekan sebagai salah satu Lembaga Kesehatan yang ada di wilayah Kecamatan Panekan mulai bergerak untuk sosialisasi tentang penyakit akibat virus Corona ini.

Pj Kasi Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Panekan, Nevi Ruyana, SKM menyampaikan sebagai salah satu cara untuk sosialisasi adalah melalui siaran keliling. Kegiatan ini dilakukan pada 17 desa / kelurahan di Kecamatan Panekan mulai hari Senin (9/3/20). Siaran keliling dilakukan oleh petugas promosi kesehatan dan penanggungjawab program terkait. Bukan hanya menyuarakan gejala dan penularan, yang penting dari kegiatan ini adalah membantu memahamkan masyarakat tentang cara pencegahannya, karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Di samping itu, diharapkan pula agar masyarakat TIDAK PANIK, tetap menjaga diri dan keluraga dari virus Corona dengan Gerakan Masyakarat Hidup Bersih dan Sehat (GERMAS).

Saat melepas rombongan siaran keliling tersebut, Camat Panekan Djuri, S.Sos mengharapkan agar siaran ini dijadikan media komunikasi resmi dari pihak pemerintah kepada masyarakat tentang apa dan bagaimana cara pencegahan merebaknya virus corona tersebut. Masyarakat harus diberikan berita resmi / tidak hoax. Camat Panekan juga berharap agar tidak terjadi kepanikan di tengah masyarakat menghadapi merebaknya penyebaran virus ini tengah masyarakat. Pemerintah pusat sampai dengan tingkat kecamatan bahkan desa akan tetap berupaya seoptimal mungkin agar masyarakat menjadi tetap terjaga dari virus corona ini.Mad_04

 

Leave a Comment